Kandungan dan Manfaat Buah Kedeondong


         Kedondong yakni tanaman yg bernama latin Spondias dulcis. Tanaman ini lahir dari kawasan Asia bagian selatan & tenggara, salah satunya Indonesia. Kedondong bisa tumbuh mencapai lebih dari 10 meter. Buah kedondong berbentuk bulat oval, berwarna hijau disaat muda dan akan berubah jadi hijau tua atau kuning disaat telah masak.




         Disaat Kamu memakan buahnya dapat kelihatan biji yg tak beraturan wujudnya atau mempunyai cabang seperti serat, tidak cuma itu rasanya yg manis - manis masam banyak disukai. Kegunaan buah kedondong pada kebanyakan dipakai juga sebagai sayuran, manisan, dan rujak. diluar itu daunnya mampu dimanfaatkan juga sebagai penyedap makanan dan mempunyai rasa yg asam, seperti sayur asem.




Kandungan Nutrisi Buah Kedondong

         Kedondong mempunyai kandungan zat yg dibutuhkan oleh badan, seperti vitamin A & C, protein, lemak, fosfor, zat besi, air, kalsium, sukrosa, dan kaya bakal serat. Nah, lihat tabel berikut ini :

Kandungan
Jumlah/100g
Vitamin A
2900 IU
Vitamin C
29 mg
Protein
0,8 gram
Air
85 gram
Lemak
1,8 gram
Kalsium
540 mg
Fosfor
82 mg
Sukrosa
10,5 gram
Serat
3,60 gram
Zat Besi
6,2 mg


         Tidak Hanya itu, pada buah yg belum masak pun mengandung pektin se besar 10%. Kedondong nyatanya serta mempunyai manfaat yg baik bagi badan. Nah, apa saja manfaat kedondong bagi badan kita, simak spek berikut ini.



Khasiat Buah Kedondong bagi Kesehatan



1. Melancarkan Pencernaan

         Banyaknya kandungan air & serat di dalam buah kedondong amat sangat baik utk melancarkan pencernaan & juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Tidak Hanya itu, kandungan sukrosa di dalamnya berguna juga sebagai daya tahan badan & vitalitas.



2. Mengobati Disentri

         Pada kulit & daun kedondong mempunyai kandungan tannin, flavonoid & saponin. Senyawa tersebut mampu mengobati penyakit disentri. Cara menggunakannya dengan meminum air rebusan kulit pohon kedondong yg masih segar jumlahnya 15 gr. Setelah Itu direbus memakai air 2 gelas selama kurang lebih 15 menit. Saring & minum 2 kali sehari tatkala hangat.

3. Mengobati Batuk

         Buah kedondong yg kaya dgn vitamin C & rasanya yg asam, nyata-nyatanya dapat mengobati dan meredakan batuk yg Kamu derita.



         Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari kedondong bagi kesehatan. Jadi, selain dapat dikonsumsi dengan cara langsung atau diolah, buah dari kedondong sanggup mengobati sekian banyak penyakit seperti batuk & menambah daya tahan badan. Thanks for reading!