Manfaat Buah Jambu Biji Merah Yang Belum Diketahui



Tidak Hanya rasanya yg enak & menyegarkan, nyatanya ada banyak manfaat buah jambu biji merah bagi kesehatan. Jambu biji yaitu buah yg banyak menyebar di wilayah Asia Tenggara, SriLangka, India hingga Asia Selatan. Mempunyai nama latin Psidium guajava, buah ini benar-benar cukup memikat. Warna buah yg merah & rasanya yg manis, pas dibuat jus maupun dikonsumsi langsung sbg pencuci mulut.



Jambu biji tergolong dalam kategori tanaman perdu. Pohonnya memiliki batang yg keras & cabang yg banyak. Kulitnya licin & berwarna coklat, jikalau dikelupas dapat kelihatan permukaan yg basah.

Manfaat Buah Jambu Biji Merah yang belum diketahui - mari hidup sehat
Manfaat Buah Jambu Biji Merah


Warna daunnya hijau bercorak bulat telur dengan ukuran yg relative besar. Disaat musim berbunga dapat kelihatan bunga mungil berwarna putih dibalik ketiak daun. Kita dapat menemukan biji-biji yg banyak di dalam buah ini yg terbungkus oleh daging buah. Jambu biji tumbuh subur di daratan rendah hingga ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut.


Buah jambu biji warna kulit bagian luarnya hijau kekuningan waktu masak & daging buah berwarna putih disaat masih muda. Selanjutnya bakal berubah jadi merah disaat sudah tua. Dikala masih muda rasanya akan masam sedangkan apabila telah tua rasanya bakal manis & mengandung air.




Kandungan Nutrisi Buah Jambu Biji 

Kandungan dari buah jambu biji ini antara lain vitamin A, B2, C, kalori, air, kalsium, fosfor, tannin, kalori, protein, & zat besi. Jumlah vitamin C terhadap buah jambu biji jauh lebih tinggi dari kandungan vitamin C buah yang lain, seperti jeruk & mangga.


Tidak Cuma kandungan vitamin C pada buah jambu biji yg lumayan tinggi, terdapat juga kandungan vitamin A yg tinggi juga. Terutama terhadap jambu biji yg berwarna putih utk biji & daging buahnya.


Terhadap 100 g jambu biji masak bakal ditemukan kandungan

Protein 0,9 gr,
Garam lemak 0,3 gr,
Karbohidrat 12,2 gr,
Kalsium 14 mg,
Fosfor 28 mg,
Zat besi 1,1 mg
Total kalori 49 kal.

Kandungan vitamin C amat tinggi terjadi pada ketika buah akan masak. Vitamin C tersebut lebih banyak dari buah jeruk yg cuma 49 mg per 100 gr buah.



Jambu biji mengandung lycopene, yaitu senyawa karotenoid, pigmen mutlak dalam tumbuhan yg memberikan warna merah yg memiliki aktivitas antioksidan bermanfaat juga sebagai penangkal radikal bebas, maka badan dapat terlindungi dari beberapa jenis penyakit, seperti kangker. Kandungan lycopene pada jambu biji merah lumayan banyak, yakni 5. 200 mg/100 gr buah. Lycopene ialah salah satu senyawa fitonutrien atau fitokimia yg bermanfaaat bagi kesehatan.




Manfaat Buah Jambu Biji Merah 


Sesudah kita membahas tentang kandungan nutrisi & senyawa yg terkandung di dalamnya, sekarang ini saatnya kita mengulas tentang manfaat sehatnya. Apa sajakah itu ?


1. Menyembuhkan demam berdarah 

        Tak cuma di negeri Indonesia saja yg mengemukakan bahwa khasiat jambu merah akan menyembuhkan demam berdarah, di negeri lain di kawasan Asia seperti Philipina, Brunei, Thailand & China, buah jambu merah pun terkenal juga sebagai buah yg bisa menyembuhkan beraneka macam penyakit.

        Bagian dari jambu biji yg mampu dijadikan obat utk demam berdarah yaitu daun & sarinya. Caranya cukup dgn merebus daunnya & meminum air rebusannya. Sedangkan buat memperoleh sarinya dapat dibuat sbg jus. Diakui sari buah ini sanggup meningkatkan jumlah trombosit dalam darah dgn cepat. Tidak Cuma itu serta bakal mengobati diare & radang usus besar juga disentri.



2. Obat Diare 

        Jambu biji mengandung zat alkaline alami, desinfektan & anti bakteri maka membantu dalam menyembuhkan diare juga disentri yg disebabkan oleh tumbuhnya mikroba yg mengurangi produksi lendir berlebihdari usus. Selanjutnya, kandungan lain dalam jambu biji seperti vitamin C & potassium carotnoids menolong memperkuat sistem pencernaan. Makanya Orang zaman dahulu juga memakai daun jambu biji untuk obat diare. Cara konsumsinya pilih daun jambu biji muda, bersihkan, lalu di makan langsung. Jika terlalu pahit, bisa dibarengi dengan madu atau garam untuk menghilangkan rasa pahit.



3. Obat batuk & pilek 

        Jus jambu biji merah berguna utk mengurangi lendir dikala batuk & pilek, melonggarkan saluran pernafasan. diluar itu, vitamin C yg tinggi dalam jambu biji bakal meningkatkan sistem kekebalan badan utk melawan bermacam-macam infeksi yg menyebabkan sakit flu, demam, & batuk.



4. Perawatan kecantikan kulit 

        Jambu biji merah pun berkhasiat buat mengencangkan otot kulit yg telah kendur, menjaga kulit tetap segar, keriput, bebas dari noda & penyakit kulit yang lain. Cukup dgn memakan buah jambu biji merah segar secara langsung atau di buat jus. Bisa juga memakai kulit atau daun jambu biji merah dgn merebusnya & meminum air rebusan daun jambu merah yg diawal mulanya telah dicuci terlebih dulu.


        Demikianlah info berkaitan kandungan gizi berserta manfaat buah jambu biji merah utk kesehatan. Mudah-mudahan berguna & mohon maaf jikalau ada salah kata dalam penulisan. Jangan lupa lihat di bagian kanan, baca juga post di random post yang super berguna. :)