Khasiat Tersembunyi Buah Sawo


        Buah sawo merupakan buah yg sudah tak asing lagi di Indonesia. terlebih saat membahas tentang kulit, sehingga banyak orang yg bilang bahwa kulit orang Indonesia berwarna sawo matang. Buah sawo memiliki rasa yg manis & menyegarkan, tidak heran banyak orang yg menyukainya.
 

        Mempunyai nama ilmiah Manilkara Zapota, tumbuhan ini berasal dari kawasan Meksiko, Hindia Barat & Guatemala. Selanjutnya zaman dulu penjajah Spanyol membawanya ke negeri Filipina. Sampai hasilnya dapat tersebar ke negeri di kawasan Asia Tenggara yang lain, salah satunya merupakan negeri kita tercinta, Indonesia. Jenis buah yg cukup dikenal yakni jenis sawo manila. 

Khasiat Tersembunyi Buah Sawo - mari hidup sehat
Khasiat Tersembunyi Buah Sawo

        Nyata-nyatanya tidak cuma manis, buah ini mempunyai beberapa kandungan gizi yg berguna bagi badan. Menurut beberapa publikasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam 100 gr buah sawo bisa dimakan 79% dikarenakan buah ini mempunyai biji yg cukup banyak, & mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut : 


Energi = 92 kkal 
Karbohidrat = 22,4 gram 
Lemak = 1,1 gram 
Protein = 0,5 gram 
Kalsium = 25 mg 
Fosfor = 12 mg 
Zat Besi = 1 mg 
Vitamin C = 21 mg 
Vitamin B1 = 0,01 mg 
Vitamin A = 60 IU 




        Lantaran kandungan gizinya yg banyak, sehingga tidak mengherankan jika sawo yaitu buah yg mempunyai banyak manfaat. Manfaat buat perihal kesehatan badan tersebut yakni : 

1. Menyehatkan Mata 
        Vitamin A yakni vitamin yg dikenal memiliki peran baik bagi kesehatan mata. Mata merupakan sektor yg sangat penting dalam kehidupan ini, dgn mata kita sanggup menikmati keindahan dunia. Sehingga dari itu sebaiknya kita perlu menjaga kesehatannya. Salah satunya ialah mengkonsumsi buah yg mengandung vitamin A seperti sawo. 


2. Menjaga Kesehatan Gigi & Tulang 
        Kandungan kalsium & fosfor yg tinggi dalam buah sawo dapat membantu menjaga kesehatan tulang & gigi. Akan tetapi yg perlu di tulis, bahwa ini tak sesuai untu balita lantaran bisaa mengganggu system pencernaannya. Tulang & gigi merupakan sektor dari badan kita yg butuh dijaga kesehatannya, supaya kala kita telah lanjut usia bakal mempunyai tulang & gigi kuat & sehat. 


3. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah 
        Asam folat yakni zat yg dibutuhkan badan dalam pembentukan sel darah merah. Sawo memiliki kandungan asam folat kurang lebih 14 mkg tiap-tiap 100 gramnya. 


4. Mencegah Penyakit Kanker Usus 
        Setiap harinya dalam proses metabolisme, badan membutuhkan serat yg cukup. Kandungan serat dalam buah ini akan bisa mencegah penyakit kanker usus.

 
5. Baik utk Ibu Hamil 
        Kandungan vitamin C yg terkandung dalam buah ini dapat membantu meningkatkan daya tahan badan bagi ibu hamil. Vitamin C ialah zat yg bagus utk periode kehamilan si calon ibu. Tidak cuma itu saja, masalah yang lain seperti sembelit pada ibu hamil pun sanggup dibantu diatasi dgn mengkonsumsi sawo. 


6. Membantu Proses Pertumbuhan Anak 
        Sawo mengandung protein nabati yg alami. Kandungan ini bakal membantu proses pertumbuhan anak sejak umur 6 tahunan. 


7. Meningkatkan Kecantikan Kulit 
        Vitamin E yaitu salah satu vitamin yg kerap dijadikan juga sebagai bahan kosmetik. Hal ini lantaran vitamin E baik utk kecantikan kulit badan & wajah. Sawo ialah salah satu buah yg mempunyai kandungan vitamin E. 



        Nyata-nyatanya buah sawo mempunyai banyak kegunaan bagi kesehatan badan, mulai sejak dari anak-anak hingga dewasa & ibu hamil. Bahkan serta berguna bagi kecantikan kulit. Tidak Hanya rasanya yg nikmat, kandungan gizinya pula manfaat sehatnya tidak kalah hebat. Sebagai penulis, bila ada kurang lebihnya kami mohon maaf & terima kasih atas perhatian saudara buat membaca artikel tentang Khasiat Sawo.