Manfaat Tersembunyi Buah Cempedak



         Buah cempedak ialah sejenis buah yg berasal dari kawasan Asia Tengah yakni dari Malaysia, Indonesia & Brunei Darussalam. Buah ini mempunyai nama ilmiah Artocarpus champeden. Buah ini bila di lihat sepintas, bagian luarnya akan nampak seperti buah sukun, bagian dalamnya seperti buah nangka, sedangkan utk baunya hampir serupa durian. Sehingga tidak heran jika buah ini dinamakan pula buah yg ialah kombinasi dari sukun, nangka & durian. Utk rasanya seperti durian bercampur mangga & lebih manis dibanding dgn nangka. Tekstur daging buahnya disaat telah matang pun lebih lembut, kenyal, lengket & berserat.



Manfaat Tersembunyi Buah Cempedak - mari hidup sehat
Manfaat Tersembunyi Buah Cempedak


         Ternyata tidak banyak orang di Indonesia yg mengetahui atau sempat konsumsi buah ini. Biarpun begitu buah ini tetap buah yg mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan badan. Dalam buah ini saja mempunyai beberapa kandungan nutrisi & senyawa yg bagus bagi badan.



         Buah cempedak sempat diteliti akan kandungan gizinya. Nyatanya buah ini mempunyai beberapa kandungan yg berguna bagi kesehatan kita. Menurut sumber dari Direktorat Gizi Departemen Kesehatan Republik Indonesia th 1992, bahwa buah cempedak mempunyai beberapa kandungan juga sebagai berikut :

Air
Protein
Karbohidrat
Lemak
Kalsium
Zat besi
Fosfor
Vitamin A
Vitamin C
Vitamin B1


         Buah cempedak mempunyai rasa yg lezat. Oleh sebab itu umumnya dapat dikonsumsi orang disaat dalam keadaan masihlah segar. Namun ada juga yg mengolahnya dengan cara lain seperti dibuat kolak atau digoreng.



         Bahkan utk penduduk Banjar, Kalsel, kebanyakan malah mengonsumsi kulit cempedak. Caranya dgn mengupas kulit luar cempedak hingga kelihatan putih & dibersihkan. Setelah Itu direndam dgn air garam hingga 3 hari biar lunak & mengalami proses fermentasi. Sesudah itu digoreng & dimakan bersama mandai goreng yg gurih & khas.


         Daun cempedak yg muda pun dimanfaatkan juga sebagai sayuran. Sedangkan buat biji buahnya serta mampu diolah dgn cara direbus atau digoreng seperti biji nangka. Di negeri Malaysia, akar dari pohon cempedak pun digunakan sbg bahan campuran jamu tradisional utk perempuan sesudah melahirkan.



         Salah satu manfaat buah cempedak bagi kesehatan yaitu utk menyehatkan mata. Itu sebab cempedak mempunyai kandungan vitamin A 200 SI pada tiap-tiap 100 gramnya. Kita tahu bahwa vitamin A memang lah berfungsi utk menjaga kesehatan kornea mata supaya mampu berfungsi dgn baik. Khasiat cempedak yg lain ialah menjaga kesehatan pencernaan & dapat menekan kolesterol dalam darah. Hal itu dikarenakan cempedak mempunyai kandungan serat pangan ditambah vitamin C yg lebih tinggi jikalau di bandingkan dengan buah nangka.



Tak cukup sampai disitu saja, kulit dari batang cempedak mempunyai kandungan senyawa heteriflavon C. Senyawa ini yg diakui sanggup mengatasi parasit pemicu malaria. Buah ini serta mempunyai nilai energi yg cukup tinggi lantaran tiap 100 gramnya mempunyai energi se besar 116 kkal. Kadar air buah cempedak pula cukup tinggi, faktor ini tentu bagus sekali lantaran badan kita membutuhkan asupan air setiap harinya. Menurut penelitian yg dilakukan oleh Profesor Dr. Frank Yatsu, seseorang ahli dari Amerika menyebutkan bahwa bila badan telah memenuhi asupan air yg cukup akan membantu utk mengencerkan darah, yg selanjutnya bakal memperlancar suplai oksigen menuju ke otak maka mampu mencegah dampak terkena stroke.



         Dapat kita simpulkan bahwa ada cukup banyak manfaat & khasiat yg kita peroleh dari buah cempedak ini, baik utk meningkatkan kesehatan badan & serta mencegah atau mengatasi beraneka macam penyakit. Nyata-nyatanya tidak cuma nikmat & alami, buah ini menaruh aneka manfaat sehat. juga Sebagai penulis, kami mohon maaf jikalau ada salah kata & trimakasih lantaran Anda sudah meluangkan waktu utk membaca. Janganlah lupa pun utk berbagi ke sosial media Kamu seperti Fb, twitter, atau Google + mengenai informasi manfaat buah cempedak buat kesehatan.