Manfaat Buah bit Untuk Bayi dan Ibu Hamil

        Bit yakni jenis dari umbi-umbian yg bergizi tinggi. Sehingga tidak heran kalau ada banyak manfaat buah bit utk bayi & pun ibu hamil. Tanamannya memiliki tinggi kurang lebih 1 meter sampai dengan 3 meter. Dengan nama latin Beta vulgaris yg berasal dari family Amaranthaceae tanaman ini mempunyai manfaat yg banyak.



Manfaat Buah bit Untuk Bayi dan Ibu Hamil
buah bit untuk bayi dan ibu hamil


        Buah bit berwarna merah keungu-unguan, sebab adanya gabungan pigmen ungu betasianin & pigmen kuning betasianin. Asal muasal buah bit dari negeri Amerika Utara & Inggris. Tanaman ini dikenal juga sebagai penghasil gula pada era Napoleon Bonaparte, saat ini tanaman bit telah dapat Kamu jumpai di daerah Asia.


Kandungan Nutrisi Buah Bit 

        Sebelum kita membahas tentang khasiatnya, alangkah baiknya kita bahas dulu sekilas tentang kandungan gizinya. Berikut ini yakni kandungan nutrisi & senyawa yg terkandung di dalam buah bit.
- Serat
- Kalium
- Zat besi
- Vitamin C
- Fosfor
- Asam folat
- Magnesium
- Tembaga
- Tripofan
- Betasianin
- Caumarin



Manfaat Buah Bit untuk Bayi 

       Bagi bayi yg diberi asupan buah bit secara teratur sanggup bermanfaat untuk kesehatannya, diantaranya ialah :


1. Menstabilkan darah 

        Dengan mengkonsumsi buah bit bagi bayi, sangat bermanfat dalam menstabilkan sel darah merah. Maka dapat membuat bayi akan terhindar dari gejala anemia.


2. Menjaga daya tahan badan bayi 

        Kandungan vitamin C juga antioksidan yg terdapat pada buah bit sanggup menjaga sistem kekebalan badan pada bayi dari serangan virus & serta zat – zat radikal bebas, maka mampu terhindar dari penyakit & tak gampang sakit.


3. Mempercepat pertumbuhan tulang & gigi 

        Kandungan fosfor & kalsium dalam buah bit berguna buat mempercepat pertumbuhan tulang & gigi pada bayi, maka bayi cepat belajar untuk bergerak & berjalan.


4. Melancarkan saluran pencernaan 

        Alat pencernaan pada bayi masih rentan untuk memakan makanan yg berat, maka beresiko susah buat buang air besar. Untuk itu, disarankan bayi dikasih asupan buah bit supaya pencernaannya tidak tersendat. hal itu karena kandungan vitamin C pada buah bit & serat alami yg baik buat alat pencernaan pada bayi.


5. Mencegah peradangan 

        Buah bit banyak mengandung mineral yg sangat baik utk kesehatan bayi. Mineral ini berfungsi buat menahan peradangan dalam badan bayi yg disebabkan oleh bakteri & virus.


6. Mencerdaskan otak 

        Bila seorang bayi diberikan asupan buah bit bakal membantu dalam meningkatkan fungsi otak. Hal ini pasti membuat bayi bakal lebih cepat tanggap & cerdas.


7. Menjaga kesehatan mata 

        Kandungan bêta-karoten yg terdapat pada buah bit bisa menigkatkan & menjaga kesehatan maata bayi, maka bayi dapat terhindar dari rabun mata & penyakit mata.


8. Menjaga kesehatan kulit 

        Kulit bayi pastinya masih tipis & gampang mengalami alergi. Buah bit dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi.







Manfaat Buah Bit Utk Ibu Hamil 

       Berikut ini beberapa manfaatnya buah bit buat ibu hamil, diantaranya ialah :


1. Menjaga system kekebalan tubuh 

        Buah mempunyai kandungan senyawa antioksidan & vitamin C yg cukup tinggi, ke-2 kandungan itu berguna buat menjaga daya tahan badan maka badan bakal terhindar dari beragam macam bakteri & virus yg mampu memunculkan berbagai jenis penyakit. Sehingga bila seorang ibu hamil mengonsumsi buah bit dengan cara rutin & teratur akan terjaga kesehatannya & janin yg dikandung bakal sehat juga tumbuh cepat.



2. Menurunkan kolesterol darah 

        Pada masa hamil umumnya dapat terjadi peningkatan berat tubuh yg tak terkontrol, maka dapat mengakibatkan kolesterol jahat meningkat. Oleh lantaran itu, disarankan bagi ibu hamil utk konsumsi secara teratur buah bit setiap hari supaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.



3. Mencegah anemia 

        Selain menjaga kesehatan janin, buah bit pula berguna utk mencegah terkena anemia pada ibu hamil. Buah bit mengandung zat besi yg sanggup membantu menstabilkan & membentuk sel darah merah di dalam badan ibu hamil yg mengalami anemia. Ibu hamil yg mengalami anemia akan merasa mudah lelah & beresiko bagi kesehatan janin dalam kandungan.



4. Mencegah kanker 

        Karena keadaan badan ibu hamil yg tak stabil dapat rentan berisiko terkena kanker. Oleh sebab itu, ibu hamil harus teratur memeriksa keadaan kesehatannya ke dokter kandungan. Factor ini bertujuan buat mengawasi pertumbuhan sang janin, diluar itu dapat didampingi dengan konsumsi buah bit. Buah bit mempunyai kandungan vitamin C yg tinggi & berperan sbg antioksidan buat menangkal adanya radikal bebas & menghancurkan sel-sel penyebab kanker.



5. Menjaga stamina 

        Dengan mengonsumsi utk setiap hri dengan cara teratur disaat hamil bisa mencegah kelelahan & mampu mengembalikan stamina akibat rutinitas sehari-hari, karena buah bit mengandung banyak vitamin & mineral yg bagus utk ibu hamil. Sebab itu, ibu hamil mesti menjaga tubuhnya supaya tak gampang lelah karena dapat melemahkan kandungan.



6. Melancarkan saluran pencernaan 

        Buah bit mengandung serat yg bekhasiat buat melancarkan saluran perncernaan, maka ibu hamil bakal terhindar dari efek susah buang air besar, sembelit, diare & mempu membuang racun dalam usus.



        Nah itu dia manfaat buah bit, tak disangka manfaatnya banyak juga ya, oleh karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi buah bit ini karena memang manfaatnya sangat baik untuk kesehatan bayi maupun ibu hamil.