Daftar Makanan Sumber Zat Besi

         Anemia adalah penyakit akibat badan kekurangan sel darah merah. Hemoglobin atau sel darah merah amat dibutuhkan oleh badan utk membawa oksigen & makanan ke seluruh badan. Apabila mengalami anemia akan merasakan lelah, lemah & lesu atau 3L. Faktor tersebut mudah terjadi kepada perempuan yg menjalankan program diet, karena diet lebih mengontrol pola makanan yg hanya rendah kalori & tinggi serat yg mungkin kandungan nutrisi amat sedikit.



Daftar Makanan Sumber Zat Besi - mari hidup sehat
Daftar Makanan Sumber Zat Besi


Makanan yg Bisa Menambah Sel Darah Merah atau Hemoglobin buat Mencegah Anemia 


         Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa terjadi akibat kurang mengonsumsi makanan bernutrisi & penambah darah. Factor makanan pula sanggup mempengaruhi terjadinya anemia. Nah, makanan apa sajakah yg bisa menambah darah yg penting bagi badan, simak terus ya!



1. Sayuran 
         Sayuran adalah tumbuhan yg mudah kita jumpai, baik di pasar atau di kebun punya sendiri. Sayuran dapat juga menambah hemoglobin atau darah maka bisa mencegah terkena anemia. Sayuran tersebut seperti bayam, kacang polong hijau, ubi, kentang, sawi, brokoli, kol, lobak & kacang merah. Dari seluruh jenis sayuran tersebut, ubi & bayam sering dipakai juga sebagai bahan makanan utk menambah sel darah merah lantaran tingginya kandungan zat besi di dalamnya. Fungsi dari zat besi sendiri ialah mengaktifkan hemoglobin & meningkatkan kandungan oksigen dalam darah yg bakal di edarkan ke seluruh badan.



2. Buah – Buahan 
         Tidak Cuma sayuran, buah pun mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam badan. Buah tersebut seperti apel, anggur merah, kismis, plum, limau, jeruk & melon. Seluruh jenis buah tersebut juga mempunyai manfaat melancarkan peredaran darah maka terhindar dari penyumbatan & terhindar dari penyakit jantung.



3. Daging 
         Konsumsi daging bisa juga menambah hemoglobin, dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan zat besi yg lumayan tinggi. Daging pun gampang untuk dicerna oleh organ pencernaan, maka tak mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Tetapi bagi yg menjalankan program diet, alangkah baiknya buat mengonsumsi daging yg rendah lemak. Sehingga terhindar dari penyakit jantung atau kolesterol.



4. Kacang Almond 
         Kacang almond adalah salah satu jenis kacang – kacangan yg amat tinggi kandungan zat besi. Tidak Hanya itu, kacang almond gampang di dapat & harganya lumayan sesuai di kantong. Jadi, sehat didapat kantong pula aman.



5. Roti & Sereal 
         Roti & sereal ialah makanan yg dapat memenuhi kebutuhan zat besi banyaknya 20% per harinya, jika teratur untuk dimakan. Roti & sereal yg terbuat dari gandum juga aman buat program diet & serta tinggi kandungan zat besi.



         Nah, begitu tadi makanan penambah sel darah merah atau hemoglobin agar terhindar dari anemia. Mudah-mudahan berguna!